Monday, October 24, 2011

induknya ANGKRINGAN

22.26 pete raya
Penjelajahan gue mulai di raja nya angkringan di deket kampus gue. Nama nya Nana Kyut. Sebenernya ada beberapa cabang Nana Kyut yang lain, nah kalo yang satu ini yang ada di pete raya adalah induknya Nana Kyut yang ada.
Pertama gue nangkring di induknya angkringan ini pas gue baru semester awal. Masi maba (mahasaiswa baru.red), masi cute, masi cupu, masi belum tau apa2. Nah kesan pertama yang gue tangkep dari tempat ini adalah tempatnya lumayan cozy buat nongkrong lama2. Kita Cuma perlu pesen kopi secangkir, lu bisa nongkrong sampe lu ambeyen. Mau nongkrong dari magrib sampe subuh aja ga ada yang ngelarang. Menu andalan di Nana Kyut yang jadi brand namanya KOPI LELET. Pertama gue denger nama KOPI LELET, yang ada di otak gue adalah orang yang minum kopi ini bakal lelet (lamban) dalam segala hal. Tapi setelah gue nanya kesana kemari ternyata arti harfiah dari KOPI LELET yang sebenarnya adalah Kopi yang dalam proses menikmatinya lama. Kenapa lama? Ya lama, dijamin untuk menikmati secangkir kecil kopi ini secara maksimal kita bakal ngabisin se enggak nya 1 jam. Iya serius satu jam. Karena lama jadi di namain KOPI LELET.
Nah dari beberapa observasi dan pengalaman di lapangan yang gue dapet, cara maksimal menikmati KOPI LELET ini kita mesti:
·         Secangkir KOPI LETET yang masih fresh, panas, dan kental yang di antar oleh mas-mas ganteng (waiter bahasa jawanya) ke meja kita siap di proses.
·         Tiup pelan2 sekitar 3 kali, sruput kopi nya dikit2. Kalo langsung lo tenggak banyak sekaligus yang ada bibir lu jontor dan lidah lu kelu selama berhari hari. Jadi jangan coba2 kalo lu ga sekuat limbad.
·         Nah nunggu bubuk kopinya mengendap di dasar cangkir yang paling dalem kita butuh sekitar 15-20 menit, sambil lu minum tuh kopi yang mulai menghangat.
·         abis lu nikmatin kopinya, sambil nunggu kopinya ngendap langkah selanjutnya yang mesti lu lakuin adalah mempersiapkan beberapa peralatan tempur seperti lambar, sendok kecil, tisyu (yang banyak), tusuk gigi, sama beberapa tetes susu kental manis. Dan yang paling utama adalah rokok (yang Yang kesemuanya itu bisa lu dapetin secara gratis dan terpisah di spot.
·         Ambil kopi yang mengendap sama sendok kecil.
·         Taroh di lambar. Lakukan sampai kira2 cukup sesuai selera lu masing masing dah..ga ada takaran yang pasti dalam melakukan proses ini, yang ditekankan adalah mengandalkan feeling dan nilai seni yang lu punya.
·         Abis tu proses selanjutnya adalah meletakkan lipatan tisyu yang cukup tebal ke atas onggokan endapan kopi tadi.
·         Tunggu sampe sisa air nya meresap ke tisyu.
·         Angkat tisyu, lu bakal tau apa yang terjadi. Jadi endapan kopi tadi sekarang kering tanpa air tersisa.
·         Teteskan beberapa tetes susu kental manis putih ke atas endapan kopi. Inget, jangan langsung banyak naroh susu nya soalnya kekentalan endapan kopi tadi tergantung sama susu yang lo masukin.
·         Aduk sampe rata.
·         Kalo lu dah ngerasa kekentalanya cukup (ga kekentelen ga keenceren). Proses finishing siap dilakukan.
·         Nah, yang terakhir neeh, ambil semua rokok yang lu punya. Selupin tusuk gigi ke dalam adonan, nah yang harus lu lakuin adalah menuangkan segala ide kreatif lu lewat gambar. Tapi media yang lu pakai itu adalah rokok.
Untuk lebih jelasnya liat gambar berikut.






No comments:

Post a Comment